-
...................................................

Sunday, July 6, 2008
Hidup Murah di Adelaide

Ada benarnya kalo dikatakan hidup di Adelaide sedikit lebih murah. Begitulah info yang kudapat sebelum berada disini. The second cheapest city setelah Tasmania. Ada benarnya mungkin, karena untuk beberapa contoh, seperti akomodasi dan transportasi sedikit miring dari beberapa kota lainnya. Ketika student di kota lain harus mengeluarkan biaya untuk akomodasi hingga $220/week perunit , di Adelaide masih berkisar $150-190/week. Tapi gak bisa jadi patokan, karena untuk unit yang $200 keatas juga banyak disini, tergantung kantong masing2. Beberapa student juga memilih share house dengan pertimbangan dana tentunya. Untuk transportasi, student juga dimanjakan dengan concession (diskon setengah harga), yang tidak semua city melakukannya.

Adelaide merupakan kota yang seperti salah seorang warga sini bilang satu2nya kota yang tidak memiliki nenek moyang tahanan Inggris. Tapi ada tidaknya juga tidak berpengaruh bagiku, karena sebagian besar orang2 disni sangat helpful—tapi yang cuek juga tidak kalah banyak.


Yang paling penting hidup disini adalah cermat dan pintar. Untuk urusan belanjaan juga harus diterapkan prinsip serupa. Untuk menghemat isi kantong tapi dapet belanjaan banyak, sebagian besar student memilih belanja dikala pasar hampir tutup, Sabtu sekitar jam 2-3pm. Pasar (Central Market) disini hanya buka 5 hari (Selasa-Sabtu). So, jangan ditanya betapa ramenya CM dijam2 itu. Semua serba diobral “one dollar..one dollar”, dari anggur hijau, merah, jeruk , apel, sayuran, semua diobral $1 atau bahkan 99c perkilonya (di supermarket bisa jadi 3x lipatnya). Daging yang biasanya seharga $8 perkg, bisa jadi Cuma $5 per-2kg. Bener2 dech!


Untuk belanja baju, sepatu, dll (no-food), student juga tetep menerapkan prinsip serupa. Berburu baju second hand tapi masih layak pakai, Salvos lah tempatnya. Barang2 ditoko ini sebagian besar merupakan hibah dari lembaga Charity, beberapa ada yang baru. Kalo lagi beruntung, bisa jadi kita dapet barang bagus dnegan harga sangat miring, $2 untuk baju atau sepatu. TV biasa juga dijual dnegan harga hanya $15. Seorang temen bahkan hanya mengeluarkan $8 untuk sebuah jaket winter yang masih sangat bagus.

with love, yunes : 11:14 PM

1comment

wah.. menarik ya mbak disana, saya kepengin juga belajar di negeri kanguru itu

nungguin beasiswa ga nongol2 :mewek

dari: Blogger dante;--- February 7, 2011 at 5:44 AM

Post a Comment













About Us

YI'm Yuyun Sunesti
YZainal Anwar's wife
YHome: Sleman Jogja

Previous Posts
Archives
Chit-Chat



Links
Supported By