-
...................................................

Sunday, September 23, 2007
Hore…Pak Lurah Tarawih di Masjidku!!
Tarawih kali ini sangat berbeda dengan tarawih2 sebelumnya, ya di kampung, di Jogja, palagi di Taraz dulu. Kalo di Taraz, jama’ah selalu penuh ampe waktu mudik baru terlihat lengang. Di kampung, satu minggu puasa, nuansa fastabiqul khairatnya di masjid pas malam hari kerasaaa banget, ya tarawihlah, tadaruslah, palagi beduk yang bertalu-talu abis tarawih…jadi inget masa kecil dulu! Kalo di kos, awal2 ramadan rajin banget tarawih di Masjid, pas hampir mendekati waktu mudik, energi kayaknya dah mulai kendor. Jadi dech, kamar salah satu temen kos jadi mushalla dadakan, tarawih sambil sesekali ngabisin kolak, guyon dan rebutan gak mau jadi imam, duh..jadi kangen!!

Sekarang nich, nuansanya beda banget. Pertama, kualitas vs kuantitas, alias meski raka’atnya lebih dikit, tapi lamanya ngalahin ma rakaat yang banyak itu. Temenku tarawih disini bilang, “kita mengutamakan kualitas, bukan kuantitas”, he..he..he..Perlu bukti? Di Masjid Azzawiyah, pas disamping kosku ini (ohya, dalam sejarah perkos-kosan, tarawihku kali inilah yang gak pernah bolong ke masjid. Ya iyalah, Cuma sepuluh langkah ampe masjid gitcu loh…), hampir 80 persen imam yang sekaligus bertugas kultum (nggak tujuh menit kalee…)itu adalah lulusan Mesir. Tuch kan…impor bo!! Tiap raka’atnya, bacaan surahnya ayat2 yang puaannnjaaang2, surat2 di juz 30 hanya dibaca pas rakaat paling akhir alias di raka’at ketiga witir. Tajwidnya juga nyaris tanpa cacat. Kultumnya pun penuh dengan sitiran2 ayat2 alQur’an dan Hadis. Poko’e almost perfect lah!!!

Tiga hari yang lalu, masjidku kali ini dapat giliran road shownya bapak Lurah. Sehari sebelumnya, pak kos alias pak Haji dah woro-woro kalo tarawih besok pak lurah beserta perangkatnya juga bu lurah tentu bakal tarawih di masjid sini. So, diharapkan jama’ah yang dah dating kali ini besok juga datang, yang belum datang ajaklah serta. Bener-bener dech, pas hari ketika pak lurah datang, jama’ah yang datang tidak seperti biasanya. Dihari2 sebelumnya, paling yang ikut shalat cuma satu shaf laki-laki dan satu shaf perempuan. Nah, saat ada pak lurah jama’ah bertambah satu shaf, baik cewek maupun cowoknya. Bener2 dech pak Lurah ini, mampu menarik orang buat pergi ke masjid. Coba kalo pak lurah tiap hari aja shalat tarawih disini. Pasti bakal semeriah ini….eh, bener gak ya???

Tapi, jangan pernah kira lurah di wilayah segitiga emasnya Jakarta ini kayak lurah2 di kampung2 kita. Lurah disini, mungkin selevel camat dikampung kali ya…gimana nggak, sambutan untuk lurah yang mo datang ke masjid aja semeriah ini. Mobilnya dijaga, yang pasti uenak adalah snacknya…gak sering2 kalee dapet snack di masjid gini. Beda ma masjid dikampung, yang tiap abis tarawih pasti ada ‘nyami’an’nya alias snack yang dibagi sesuai jadwal giliran.

Untuk menyambut pak lurah ini, imamnya juga special. Biasanya Cuma ustadz2 muda atau lebih dari muda sedikit, saat itu imamnya khusus KH alias Kiai Hajji gitu, of course lah lulusan Misro. Diakhir acara, pak lurah kasih kenang2an buat masjid kita ini. Gak tahu sich isinya. Tapi kedatangan pak lurah itulah sebenarnya hadiah terindah buatku. Ya iyalah, jadi tahu kan gimana antusiasnya orang2 berjama’ah KARENA ADA PAK LURAH???!!!

with love, yunes : 6:35 PM

0comment

Post a Comment













About Us

YI'm Yuyun Sunesti
YZainal Anwar's wife
YHome: Sleman Jogja

Previous Posts
Archives
Chit-Chat



Links
Supported By