-
...................................................

Sunday, July 20, 2008
Muter2 City nich...

Jumat lalu IAP baru saja selesai, berpisah dengan teman2 yang telah berkumpul selama 5 minggu. Sedih, tidak hanya karena berpisah tapi juga lebih mendekat ke rutinitas kuliah yang nampaknya perlu tenaga ekstra buat menjalaninya...Anyway, hari itu tidaklah hendak berpikir sedih dkknya, nikmati hari terakhir IAP dengan suka cita (5 minggu orientasi bo! Bener2 membosankan! Meski gak bisa bayangin juga kalo gak ada IAP...)


Kebebasan hari itu dirayakan dengan refreshing ke city. Bertiga, aku dan 2 orang kawan dari Indo dan Timor Leste bersemangat untuk sekedar windowshopping ke Rundle Mall. Menunggu 5 menit, bus 210 datang. Dengan beberapa student lain kami berbaris antri masuk bis. Namun, tiba2 kami dikejutkan dengan kabar gembira. Bus Driver berkata bahwa hari ini kami naik gratis, karena ticket validation machine sedang rusak...What! Hampir seluruh penumpang bilang “thank you” bahkan seorang penumpang umum bilang “excellent!”. Dasar, yang namanya gratisan mah emang kabar gembira gak buat kite2 tapi juga bule2 disini. Sempet juga kepikir, kenapa juga gak ditarik uang aja kayak di Indo kalo ticket kita gak bisa divalidasi,he..he..he...ndeso...


Disepanjang jalan kami mendiskusikan tentang sistem transportasi di Adelaide, OZ umumnya. Betapa fasilitas transportasi dijalankan dengan sangat profesional. Semua terjadwal, hingga penumpang tak perlu membuang2 waktu mereka hanya untuk sekedar menunggu bus. Bus juga didesain sedemikian rupa untuk kenyamanan penumpang. Ada bangku khusus untuk eldery, baby and kereta dorongnya, bus juga bakal siap dimiringkan otomatis jika ada eldery atau mother yang mendorong kereta babynya kesulitan untuk masuk (jadi gak perlu tangga buat naik gitcu..he..).
Lagi, betapa orang2 disini sangat jujur dan patuh terhadap rules. Coba bayangkan,naik public transport cuma dibekali dengan tiket yang cukup divalidasi di mesin yang ada, kalopun ada orang yang mo bener2 pengin gratisan, gak ketahuan juga tuch...asal siap aja kalo ada pemeriksaan, dendanya tinggi!!! Itulah kenapa mungkin orang2 disini selalu taat rules.


Muter2 di City, windowshopping di Rundle Mall, jeprat-jepret. Eh, ditengah jeprat-jepret gantian kita bertiga seorang bule perempuan datang menghampiri dan menawarkan jasanya buat moto kita bertiga...Duch..baiknya mbak yang satu ini. Jadilah kita bertiga kena jepret bersama, he3. Jalan2 kali ini diakhiri dengan belanja ke Central Market, belanja mingguan urusan perut, nggak terdengar one dollar one dollar karena belanjanya di hari jumat, so gak ada obral murah dech.

Kenapa gak belanja di hari Sabtu pas pasar mo tutup? Karena minggu pagi kita dah punya rencana pergi ke Port Adelaide buat lunch di atas kapal sembari lihat si Dolphin berloncat-loncat...:-)

with love, yunes : 5:48 PM

0comment

Post a Comment













About Us

YI'm Yuyun Sunesti
YZainal Anwar's wife
YHome: Sleman Jogja

Previous Posts
Archives
Chit-Chat



Links
Supported By